06 Januari 2009

The CORE of Entrepreneurship

Inti dari Entrepreneurship

Di sini kita akan bercerita tentang The CORE of Entrepreneurship, atau kalau mau dibicarakan secara lebih sederhana adalah langkah-langkah untuk seseorang bisa menjadi seorang entrepreneur yang baik. Kira-kira langkahnya itu apa saja. di sini akan dicoba dijabarkan langkah-langkah apa saja yang diperlukan oleh seseorang untuk menjadi seorang entrepreneur yang baik.


The CORE atau C-O-R-E itu apa sih artinya? The CORE itu singkatan, yakni singkatan dari :
1. Curiosity
Curiosity adalah rasa keingin tahuan. jadi seseorang itu sebelum menjadai entrepreneur yang baik, dia harus punya atau memiliki rasa keingin tahuan. Atau kalau dalam karakter seseorang dia harus disebut menjadi explorer seorang penjelajah.
jadi, pertama sebelum Anda menjadi atau membuka sebuah bisnis yang baru, Anda harus menjadi seorang explorer. Anda harus memiliki curiosity, rasa keingin tahuan akan segala hal. "Apa yang harus saya lakukan agar bisnis saya ini sukses?" Ini adalah sifat explorer atau penjelajah.

2. Openness
Openess atau keterbukaan. Pada fase kedua, Anda harus mempunyai keterbukaan untuk bisa berfikir dengan tanpa melakukan pretensi atau mencurigai sesuatu. Sebelum kita memulai berbisnis kita harus berfikir secara terbuka. kalau dulu orang tidak percaya kalau air bisa dijual, sekarang tidak apa-apalah. Coba Anda bayangkan,"Kalau air dijual dalam kemasan botol itu jadi apa?". Nah, ini adalah keterbukaan

3. Risk
Risk adalah resiko. Anda harus berani mengambil resiko. Di sini Anda digambarkan sebagai seorang judge atau hakim. Hakim yang memutuskan, "Apakah saya mau berbisnis ini atau tidak?". Anda harus berani memutuskan bahwa Anda mau berbisnis ini atau Anda tidak mau berbisnis ini. Di sini kemampuan Anda menjadi judge atau hakim dipentingkan.

4. Energy
Energy ini adalah kemampuan, kekuatan atau energi. Setelah Anda melakukan penjelajahan (explorer), berfikir terbuka (openness), memutuskan sebuah bisnis (judge), maka Anda harus menjadi warrior (pejuang)dengan energi level yang tinggi sekali untuk mencoba mencapai sukses dalam entrepreneur tersebut.

Jadi kita ulang keempat hal tersebut :
1. Yang pertama Anda harus mempunyai C (curiosity / rasa ingin tahu);
2. Yang kedua Anda harus mempunyai O (openness atau keterbukaan fikiran);
3. Yang ketiga Anda harus bisa melakukan R (risk taking atau berani mengambil resiko); dan
4. Yang keempat Anda harus mempunyai E (energy atau kemampuan) yang tinggi sekali.

Kesimpulannya, CORE daripada entrepreneurship adalah Curiosity, Openness, Risk, dan Energy.
Sedangkan fase-fase yang harus dijalani adalah:
1. Anda harus menjadi
seorang explorer (pencari tahu);
2. Anda harus menjadi seorang artist yang mempunyai keterbukaan berfikir;
3. Anda harus menjadi 
seorang judge yang berani untuk mengambil keputusan; dan
4. Anda harus menjadi seorang warrior atau pejuang yang tangguh.

Demikian artikel kali ini yang saya ambil dari "Business Wisdom Tanadi Santoso" di PAS FM 92.4
Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar