24 Januari 2009

Free Disk Defragmenter

Disk fragmentasi adalah salah satu alasan mengapa kinerja PC (personal computer) melambat. Fragmentasi menyebabkan sistem booting lebih lama dan bahkan --kadang-- menyebabkan sistem menjadi crash. Fragmentasi file di dalam harddisk akan menurunkan kecepatan program dalam mengakses data, waktu untuk shutdown, atau bisa menyebabkan beberapa program tidak bisa berfungsi dengan benar. Defragmentasi harddisk adalah salah satu hal yang penting yang harus setidaknya minimal 2 minggu sekali dilakukan oleh pengguna komputer untuk menjamin "kesehatan" dari komputer. Defragmentasi harddisk akan membuat komputer Anda bekerja pada performa yang terbaik.

Program defragmenter yang Microsoft berikan
pada sistem operasi Windows-nya hanyalah fungsi dasar dari program defragmentasi. Kita tidak dapat menjadwalkan kapan defragmentasi akan dilakukan, dan juga kecepatan dari proses defragmentasi yang sangat lambat. Kita tidak bisa men-defrag dua atau lebih disk/partisi dalam satu waktu. Jadi, hanya satu disk yang bisa di-defrag dalam satu waktu dengan program defragmentasi bawaan Windows.

Tapi jangan khawatir, ada banyak program defragmentasi gratis yang bisa kita pakai yang memiliki semua feature penting di atas, bahkan sebagian ada yang memiliki kemampuan melebihi program defragmentasi berbayar lainnya. Berikut contoh beberapa program defrag gratis...tis...tissss:

1. Auslogic Disk Defragmenter

2. Iobit Smart Defrag



3. Jk Defrag



4. Piriform Defraggler


Contoh di atas adalah beberapa program defrag gratis terbaik, dan memiliki kemampuan lebih baik dibanding dengan program defrag built in. Jadi, download salah satu dari program di atas dan pertahankan "kesehatan" dari komputer Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar