11 Januari 2009

XP Antivirus 2008 Is a Badware?

Pada tanggal 27 Maret 2008, StopBadware-initiative, sebuah kerjasama antara perusahaan-perusahaan IT, melaporkan adanya program badware yang menyamar sebagai antivirus, yaitu XP Antivirus 2008. Alasannya adalah :
Pertama, mereka menemukan bahwa XP Antivirus 2008 (versi unregistered) sering membuat klaim bahwa terdapat celah keamanan yang berbahaya pada sistem komputer dengan maksud memaksa user untuk membeli full version dari software tersebut.
Kedua, karena ia berjalan di latar belakang (background process) dan berkali-kali memunculkan prompt peringatan kepada user untuk mengambil tindakan atau menolaknya.
Ketiga, program ini tidak bisa di-uninstall menggunakan Add/Remove Programs bawaan Windows atau program uninstaller lainnya, atau tidak dapat di-uninstall tanpa mendownload program lainnya.

Ketika mencoba menghubungi pihak pengembang softwarenya, Innovagest 2000, stopbadware.org mencatat bahwa contact support untuk XP Antivirus 2008, support@xpantivirus.com, di-bounce dengan alasan "user unknown".

Cara pencegahan agar XP Antivirus 2008 agar tidak start up bersamaan dengan Windows adalah :
  1. Boot komputer menggunakan media CD atau flashdisk (BartPE atau MiniPE)
  2. Cari di folder %systemroot%\Program Files\Antivirus 2008, rename atau hapus file bernama av2008.exe
  3. Restart komputer
Cara ini tidak serta merta menghilangkan entri yang dibuat oleh AV2008, tetapi minimal mencegah program badware ini aktif di komputer kita.

Info : http://blog.stopbadware.org/2008/03/27/alert-xp-antivirus-2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar